twitter

SentraClix IndoStarBux

Susah bener hari ini aku konsentrasinya, mungkin karena kecapean kali ya...soalnya semalam habis olahraga yang bener-bener capek gitu, terus juga baru bisa tidur sekitar jam 11 malam. Nah ngomong-ngomong soal sulit atau susah konsentrasi banyak faktor yang bisa mempengaruhinya.

Berikut Faktor Susah Konsentrasi :
  • Kelelahan
Faktor kelelahan adalah kemungkinan terbesar dalam susah konsentrasi, kemungkinan ini bisa terjadi karena kebugaran lahir dan batin kita sedang menuru, entah kita kecapean dalam hal pikiran ataupun fisik.
  • Kurang tidur
Tidak dipungkirin bahwa susah konsentrasi juga identik dengan penyakit susah tidur atau insomia. Kualitas tidur yang kurang baik bisa berpengaruh dengan kebugaran fisik dan rohani kita. kebanyakan begadang ataupun tidur larut malam akan membuat tubuh kita bekerja ektra (kerja lembur). Jadi seharusnya pada jam-jam tertentu tubuh kita istirahat malah kita buat bekerja, begadang.
  • Suasana Pekerjaan
Tidak bisa dielakkan lagi bahwa suasana di dalam lingkungan kerja biasanya membuat mood kita berubah atau susah konsentrasi. Kondisi ini terjadi jikalau terjadi konflik dengan teman kerja ataupun pengerjaan pekerjaan yang tidak sesuai dengan hati kita.
  • Terlalu banyak tekanan
Stres dan perasaan gelisah sangat menganggu konsentrasi karena mempengaruhi bagian pusat kognitif di otak. Bagian tersebut bertanggung jawab pada kemampuan untuk berpikir secara cepat dan tajam. Untuk meredakan stres, banyak cara bisa dilakukan misalnya meditasi. Peneliti dari UCLA bahkan mengklaim, meditasi bisa mengatasi depresi dan memberikan perkembangan positif pada penderita GPPH.
  • Kurang olahraga
Sejumlah bukti ilmiah menunjukkan, olahraga secara teratur dapat menjaga pikiran tetap tajam sekaligus meningkatkan kapasitas ingatan. Bahkan hal ini juga berlaku pada individu dengan GPPH. Di samping itu, aktivitas yang menguras banyak keringat akan membakar kelebihan energi yang sering memicu rasa gelisah. Dampaknya, tidur malam menjadi lebih efektif dan berkualitas sehingga pikiran lebih segar saat bekerja pada siang harinya.

0 comments:

Post a Comment